#
  • banners
  • Ads 468x60px

    Sports

    Minggu, 20 Mei 2012

    Unknown

    Tradisi Sky Lumpur Nelayan Pantura Terancam Kepunahan


     
    GRESIK(Warta-G) Tradisi Ski Lumpur nelayan di desa Karang Kering kecamatan Kebomas Gresik Jawa Timur Terancam punah, setelah lahan yang berada di sepanjang garis pantai lebih banyak dikuasai oleh kalangan industriawan. Terancamnya tradisi tersebur karena akses menuju pantai sudah tertutup pabrik-pabrik, sehingga hampir tidak ada lagi pantai yang bisa dijangkau warga walau hanya sekadar untuk bermain sky lumpur, tradisi kaum nelayan pesisir pantai utara. Tradisi  Sky Lumpur dikenal luas di masyarakat nelayan pesisir pantura,  khususnya dikalangan anak-anak dan generasi muda desa Karang Kering yang sehari-harinya bergelut dengan lingkungan pantai. namun sayang, kehadiran banyaknya industri yang tepat berada di sepanjang pesisir desa karang kering membuat akses warga menuju pantai menjadi hilang sehingga  mengancam  keberadaan tradisi sky lumpur yang sudah ada sejak nenek moyang mereka.
    Kepala Desa Karang Kering, Aslimun, mengatakan, Tradisi Ski Lumpur merupakan tradisi turun temurun warisan leluhur desa Karang Kering yang bertujuan untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal. "Sky Lumpur bagi kami adalah media untuk bermain, bercengkrama dan berdialog dengan alam," katanya.   dengan tradisi tersebut, generasi muda di desa kami dapat mencintai dan melestarikan lingkungan kususnya pada keragaman hayati yang terdapat di bibir pantai maupun laut lepas, tambah Aslimun. permainan sky lumpur dimainkan dengan sederhana, cukup dengan sebuah papan yang dilengkapi dengan kemudi berbahan kayu, lalu dimainkan bersama teman-teman sepermainan, tak jarang mereka bernyanyi dan bersendau gurau hingga membuat sekujur tubuh belepotan lumpur. biasanya warga desa Karang kering yang kebanyakan bermata pencaharian sebagai  nelayan  di Teluk Lamong tersebut,  Setiap tahun mengadakan kegiatan Tradisi ski lumpur lebih-lebih disaat musim panas tiba.permainan Ski Lumpur ini dimulai seusai anak-anak menuntut ilmu di sekolah dan bertujuan untuk mengenalkan lingkungan di wilayah desanya, sehingga keberadaan pesisir tersebut dapat dilestarikan dan tidak hilang begitu saja.

    Unknown

    About Unknown -

    Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

    Subscribe to this Blog via Email :